Demak Bakal Miliki Terminal Tipe A

Jumat, 12 Maret 2010 — Kabupaten Demak bakal memiliki terminal tipe A. Ijin untuk pengadaan terminal yang bisa digunakan untuk singgah bus antar kota antar propinsi (AKAP) tersebut telah dikeluarkan Direktorat Perhubungan Darat. Ijin itu termasuk memuat master pland lokasi terminal, yakni berada di jalur lingkar selatan Demak Desa Jogoloyo Kecamatan Wonosalam.

Bupati Tafta Zani mengatakan, pembangunan terminal akan segera dimulai pada tahun ini. Pembangunan tahap pertama berupa pengurukan lokasi. Dana yang digunakan khusus untuk pengurukan bersumber pada APBD kabupaten 2010. Kemudian yang juga menjadi tanggungan Kabupaten Demak, meliputi pengadaan tanah dan sebagian konstruksi. ”Untuk membangun terminal itu kita akan dibantu pemerintah pusat. Dalam APBN telah dialokasikan dana untuk pengadaan bangunan utama. Awal mula dialokasikan Rp 45 milyar, namun berbagai hal menjadikan alokasi itu perlu revisi,” ungkap bupati.

Menurut dia, rencana pembangunan terminal tipe A juga sudah diawali dengan koordinasi bersama pihak-pihak terkait. Di antaranya dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Jateng. ”Kami telah berkoordinasi dengan kadinasnya, H Tamzil, sejauh ini baik-baik saja. Beliau mendukung,” katanya.

Bupati menambahkan, adanya terminal tipe A nanti sangat memungkinkan Kabupaten Demak menjadi daerah yang lebih maju. Pasti akan ada pemasukan yang cukup besar dari keberadaan terminal tersebut. ”Lepas dari itu, Semarang Demak ke depan seolah tak ada batasnya. Perkembangan yang dialami Semarang pasti semakin mudah diakses Demak,” ujar bupati.

Disampaikan pula, pembangunan terminal tersebut sekaligus sebagai jawaban bagi masyarakat yang selama ini mengeluhkan keberadaan terminal di Jalan Sultan Fatah. ”Kami menyadari terminal yang ada saat ini kurang layak dan sudah tidak sesuai dengan tata ruang kota. Kamipun telah menyikapinya. Harap sabar, sebentar lagi terminal yang kita punya akan jauh lebih baik dari yang sekarang,” pungkasnya.

Sumber: http://www.demakkab.go.id/


Statistik Blog

  • 117,016 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 1 year ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?