04
Agu
11

> Desa Bungo Gelar Kirab Budaya Dan Larung Sesaji Sambut Ramadhan

Warga Desa Bungo Kecamatan Wedung menggelar kirab budaya dan larung sesaji, Selasa-Rabu (26-27/7). Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Ramadhan, sekaligus memperingati Haul Mbah Panji Kusumo yang dipercaya sebagai pendiri cikal bakal Desa Bungo.

Dalam kirab budaya, seribuan warga mulai dari orang tua, muda-mudi dan anak-anak ikut ambil bagian. Mereka ada yang berpakaian adat jawa, ada pula yang mengenakan busana muslim. Mereka yang berperan sebagai pasukan kerajaan Demak Bintoro mengarak dua buah gunungan setinggi 1,5 meter. Gunungan itu berisi berbagai hasil bumi dan laut desa setempat.

Langkah mereka diiringi musik rebana dan salawatan. Di setiap ruas jalan yang dilalui, peserta kirab terus berseru agar selama Ramadhan nanti umat Islam banyak melakukan amal kebajikkan. Seruan, juga disampaikan melalui tulisan dan syair-syair yang berpadu dengan syair salawat.

Adapun larung sesaji dilakukan di pesisir pantai Wedung. Untuk menuju lokasi larungan, ratusan warga menggunakan perahu sopek. Mereka berangkat dari bawah jembatan yang membentang di atas Sungai Wulan.

Menurut Kades Bungo Imam Wahyudi, kirab budaya dan larung sesaji merupakan tradisi tahunan yang digelar warga sebagai wujud syukur atas segala nikmat dari Sang Pencipta. Atas nikmat Allah itulah, warga bisa kembali meyambut bulan suci Ramadhan. ”Ini adalah wujud syukur kami kepada Allah atas segala limpahan riski-Nya. Terlebih kami masih diberi kesempatan menyambut datangnya Ramadhan, yang tak lain adalah bulan seribu bulan,” jelasnya.

Usai kirab budaya dan larung sesaji, warga berziarah ke makam Mbah Panji Kusumo yang merupakan pendiri Desa Bungo. Mereka membaca Yasin dan tahlil, berdoa di makam tokoh adat yang semasa hidupnya banyak mengajarkan ke-Islaman tersebut.
Sumber: http://www.demakkab.go.id/
Iklan

0 Responses to “> Desa Bungo Gelar Kirab Budaya Dan Larung Sesaji Sambut Ramadhan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 118,528 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 1 year ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?