18
Nov
10

Umat Islam Rayakan Idul Adha

Mayoritas umat Islam di Kabupaten Demak merayakan Hari Raya Idul Adha (lebaran qurban) pada Rabu, (17/11). Merekapun menjalankan Shalat Id. Dan bagi muslim yang mampu menyembelih hewan qurban, kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada kaum duafa. Sejumlah masjid dan mushola, tak ayal menjadi padat berjubel oleh warga yang mengantri daging. Maklum, sudah menjadi kebiasaan pemotongan hewan qurban sekaligus pembagian daging dilakukan di tempat tersebut.

Ta’mir Masjid Nurul Huda yang berada di RW 1 Perum Wijaya Kusuma II Desa Katonsari Demak kota misalnya, pada lebaran qurban ini menyembelih 36 ekor kambing dan 8 ekor sapi. Setelah dilakukan penyembelihan, selanjutnya pihak ta’mir mengemas daging menjadi ribuan bungkus. Daging tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada kaum duafa dari Desa Donorojo, Katonsari dan Jogoloyo.

Warga yang mengantri daging sebelumnya telah diberi kupon. Dengan begitu antrian berlangsung tertib. “Saya memperoleh kupon sejak kemarin. Sayapun tidak khawatir kehabisan. Apalagi hewan yang disembelih kali ini jumlahnya cukup banyak,” kata Moh Aziz, warga Desa Katonsari.

Sementara itu, suasan ricuh mewarnai pembagian daging qurban di Mushola Al Mutaqin yang berada di RW 5 Desa Katonsari Demak Kota. Pihak ta’mir mushola nampaknya terlambat membagikan kupon. Akibatnya, warga dari Desa Donorojo dan Katonsari yang sudah tiba di lokasi tersebut sejak pagi, langsung berebut kupon hingga terjadi aksi saling dorong. Tak sedikit ibu-ibu terjatuh lantaran terdesak massa dari belakang. Melihat kondisi yang mengarah ke anarkis itu, pihak ta’mir langsung menghentikan pembagian kupon. “Kalau tidak bisa diatur, daging ini urung kita bagikan. Silakan antri yang tertib. Jangan khawatir, semua pasti kebagian,” seru Sulkin, salah seorang panitia.

Menurut Ketua Ta’mir Mushola Al Mutaqin, Mujiono, pada lebaran qurban ini pihaknya menyembelih 2 ekor sapi dan 9 ekor kambing. “Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun lalu. Kita tidak menyangka antrian berlangsung seperti ini. Untung saja semua bisa diatasi,” ujarnya

Sumber: http://www.demakkab.go.id/
Iklan

2 Responses to “Umat Islam Rayakan Idul Adha”


  1. Desember 9, 2010 pukul 10:30 pm

    Kedengarannya bagus, saya suka membaca blog Anda, hanya ditambahkan ke favorit saya;)

    • 2 David Sanjana
      Desember 10, 2010 pukul 4:19 am

      Terimaksih atas kunjungannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 125,679 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 2 years ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?