08
Nov
10

Pasar Rakyat Grebeg Besar Resmi Dibuka, Muspida Coba Bombom Car

Pasar rakyat Grebeg Besar 2010 secara resmi dibuka Bupati Demak Drs H Tafta Zani MM, Jumat (29/10) malam. Sebelumnya, terlebih dulu dilakukan ziarah di makam Sunan Kalijaga dan Sultan-Sultan Demak.

Bupati bersama jajaran muspida dan kepala dinas/instansi, tiba di kompleks makam Sultan Fatah yang berada di sisi belakang Masjid Agung Demak sekitar pukul 16.00 atau ba’da Ashar. Setelah membaca doa tahlil dan menabur bunga, rombongan bupati bergerak ke kompleks makam Sunan Kalijaga di Kadilangu.

Kemudian rombongan kembali ke Masjid Agung Demak untuk menjalankan Salat Maghrib berjamaah. Setelah itu mereka menuju lokasi Pasar Rakyat Grebeg Besar di Lapangan Tembiring Jogo Indah. “Tradisi Grebeg Besar merupakan ikon budaya masyarakat Kota Wali yang wajib dilestarikan. Tradisi ini menjadi agenda pariwisata tahunan yang berpotensi meningkatkan kesejehteraan masyarakat Demak,” kata bupati, disela acara pembukaan pasar rakyat.

Terkait penyelenggaraan pasar rakyat, bupati menilai dalam dua tahun terakhir ini pengelolaannya memang semakin baik. Pihak ketiga yang dipercaya mengelola pasar rakyat diakuinya mampu menyuguhkan berbagai inovasi sehingga menjadikan Grebek semakin meriah. “Saya sampaikan apresiasi kepada Muntohar selaku direktur Diana Ria karena mampu mengelola pasar rakyat ini secara professional. Saya berharap ini semua bisa menghibur masyarakat, sekaligus mampu meneguhkan Demak sebagai tujuan wisata religi,” ujar bupati.

Ketua DPRD Demak H Muklasin berpesan agar pasar rakyat Grebeg Besar bisa dimanfaatkan sebagai forum untuk menampilkan budaya lokal. “Even ini seharusnya bisa kita manfaatkan untuk menunjukkan bahwa Demak memang kaya akan budaya nan adiluhung,” kata Muklasin.

Usai melakukan pemotongan tumpeng, bupati beserta rombongan muspida langsung meninjau stan. Jajaran muspida dan sejumlah kepala SKPD bahkan berkesempatan mencoba bombom car yang menjadi andalan Diana Ria kali ini.

Sementara itu, pasar rakyat Grebeg Besar telah menyiapkan berbagai hiburan menarik. Stan dangdut tobong yang dipastikan selalu hadir setiap tahun, mulai Minggu (31/10) juga sudah bisa disaksikan pengunjung. Grup yang tampil pertama kali adalah Orkes Melayu (OM) Mahesa. Kemudian wahana out bond yang menyuguhkan flaying fox dan rapling akan mulai buka Senin (1/11).

Sumber: http://www.demak.go.id
Iklan

0 Responses to “Pasar Rakyat Grebeg Besar Resmi Dibuka, Muspida Coba Bombom Car”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 118,528 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 1 year ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?