08
Nov
10

Gerabah Khas Grebeg

Gerabah berbentuk hewan-hewanan yang terbuat dari tanah liat kembali mewarnai Pasar Rakyat Grebeg Besar 2010. Pedagang gerabah dari berbagai daerah pun mengadu nasib di even tahunan tersebut, menawarkan celengan (red-tempat menyimpan uang) berbentuk Gajah, Harimau hingga Sapi dengan harga berfariasi.

Mulyo misalnya, penjual grabah dari Mayong Jepara. Ia memilih menggelar dagangannya di Jalan Sultan Fatah dengan membuat tenda terpal untuk berlindung dari panas dan hujan. “Setiap Grebeg saya berjualan di tempat ini. Agar dagangan tidak rusak karena kepanasan ataupun kehujanan, maka saya mendirikan tenda terpal,” ungkapnya.

Pada grebeg besar kali ini Mulyo membawa dagangan berupa celengan dan mainan anak berbahan tanah liat. Dagangan tersebut ia peroleh dari Bojonegoro Jawa Timur. Ukurannya berfariasi. Mulai dari kecil, sedang hingga besar, sebesar anak sapi sungguhan. Harga yang ditawarkan juga berfariasi, mulai dari Rp 10.000 hingga ada yang mencapai ratusan ribu rupiah. “Yang laris biasanya berukuran sedang. Karena itu saya membawa yang ukuran sedang dalam jumlah paling banyak,” katanya.

Mulyo menambahkan, setiap berjualan di grebeg besar bisaanya mampu memperoleh untung minimal Rp 1 juta. Keuntungan tersebut ia jadikan modal lagi untuk berjualan pada keramaian di daerah lain.

Sementara itu, panggung terbuka di pasar rakyat Grbeg Besar untuk tanggal 4 Nopember akan dimeriahkan festival band. Menurut Muntohar, Direktur Diana Ria Enterprize selaku pihak pengelola, puluhan grup band local dipastikan unjuk kebolehan dalam festival yang memperebutkan tropi bupati tersebut.

Iklan

1 Response to “Gerabah Khas Grebeg”


  1. November 18, 2010 pukul 2:42 am

    Beli mainan nih di sini aja

    http://www.tokomainanindonesia.com

    mainannya lucu lucu dan berkualitas dan aman
    cocok untuk si kecil


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 125,679 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 2 years ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?