25
Sep
10

Lokasi Museum Masjid Agung Dinilai Terlalu Menjorok

Pembangunan Museum Masjid Agung Demak telah dimulai. Namun, proses pembangunan nampaknya mengalami sedikit hambatan. Salah seorang anggota takmir Masjid Agung yang juga pengurus LSM Loka Jaya, Suwito Sofwan, menganggap lokasi pembangunan museum terlalu menjorok ke depan dan terkesan menempel dengan pagar situs kolam wudlu.

“Jika terlalu menjorok dikhawatirkan menutupi bagian depan serambi masjid. Kan bisa mengganggu pandangan. Maka, selaku pengurus LSM Loka Jaya, saya minta rencana letak museum ditinjau ulang,” ujarnya. Menurut dia, agar lokasi Masjid Agung tidak terkesan berjejal, alangkah baiknya jika museum lama diperbaharui dan bukan malah mendirikan bangunan baru. “Saya sudah menghadap ketua takmir yaitu HM Asyiq. Namun beliau mengatakan tidak tahu secara persis letak bangunan yang direncanakan,” kata Suwito.

Sementara itu Suwadi, Kepala Dinas Pariwisata Demak mengatakan bahwa pembangunan museum sudah direncanakan sejak tahun 2009 lalu. Setelah melalui berbagai kajian yang dilakukan bersama-sama antara pihak takmir, BP3 (Balai Penelitian & Pengembangan Purbakala) dan Pemkab Demak, akhirnya dicapailah kesepakatan untuk dilakukan pembangunan museum di dalam komplek masjid. “Selama ini, benda-benda cagar budaya diletakkan kurang terhormat. Padahal benda-benda tersebut memiliki nilai sejarah yang tak ternilai. Melihat kondisi itu kita sepakat untuk membangun sebuah bangunan museum yang representative. Kitapun telah melibatkan ahli arkeolog dari UGM Prof Inayati dalam membuat konsep bangunan yang sesuai aturan,” kata Suwadi.

Anggapan museum yang menutupi serambi masjid, menurut Suwadi tidaklah benar. Pasalnya ketinggian atap museum sudah diukur. “Mungkin ada kesalahpahaman. Saya harap ini tidak sampai mengganggu proses pembangunan museum,” pungkasnya.

Sumber: http://www.demakkab.go.id/
Iklan

1 Response to “Lokasi Museum Masjid Agung Dinilai Terlalu Menjorok”


  1. November 29, 2010 pukul 6:34 am

    Salam
    Mengapa disain dari museum tidak disayembarakan untuk mendapatkan disain yang terbaik?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 118,528 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 1 year ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?