05
Jul
10

Ruwatan Buang Sengkolo

Sebanyak 81 sukerto mengikuti ruwatan massal yang digelar ahli waris Sunan Kalijaga di Pendopo Notobratan Kadilangu Demak Kota, Minggu (4/7). Peserta ruwatan bukan hanya berasal dari Demak, namun juga dari daerah lain seperti Pati, Jakarta, Kudus, Purwodadi dan Semarang.

Dalam prosesi tersebut, para sukerto dibalut pakaian serba putih. Mereka tampak kyusu’ mengikuti semua proses yang dilaksanakan, termasuk saat upacara siraman kembang tujuh rupa. Air yang digunakan berasal dari tujuh sumber atau yang disebut tuk pitu.

Seperti yang sudah-sudah, prosesi ruwatan dipimpin Ki Dalang Kondobuwono. Peran tersebut dilakukan H Mukhsin. Tokoh itu pulalah yang melakukan pengguntingan rambut dan kuku. Nantinya, dia juga yang akan melarung potongan rambut dan kuku tersebut ke laut Bonang.

Ketua Panitia, Suwadi menuturkan, prosesi tersebut bertujuan untuk membuang sengkolo atau sial yang melekat pada sukerto sejak lahir. Misalnya, mereka yang terlahir sebagai anak tunggal atau disebut ontang anting. Kemudian sendang kapit pancuran yaitu tiga bersaudara dua laki-laki dan satu perempuan yang terlahir di tengah (anak kedua yang diapit). Juga sebaliknya, pancuran kapit sendang, yakni tiga bersaudara dengan dua perempuan dan satu laki-laki sebagai anak kedua. Ada pula pendowo limo atau lima bersaudara laki-laki semua. Lainnya adalah Kedono Kedini yaitu dua bersaudara laki-laki perempuan, dan kembang sepasang yakni dua anak semuanya perempuan. Selain itu uger-uger lawang atau dua anak yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Menurut Suwadi, prosesi ruwatan sengaja dilakukan pada Bulan Rajab. Alasannya, selain untuk memecah kepadatan peserta ruwatan saat Syuro, juga karena Bulan Rajab dinilai sebagai bulan yang memiliki keutamaan. Tak hanya itu, Bulan Rajab dalam kalender Jawa juga sebagai bulan pertengahan dalam hitungan setahun. “Yang jelas, Rajab merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan,” terang Suwadi.

Sumber: http://www.demakkab.go.id/

Iklan

0 Responses to “Ruwatan Buang Sengkolo”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 118,528 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 1 year ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?