25
Feb
10

Selamatkan Belimbing Demak

DEMAK, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Demak saat ini berupaya keras membangkitkan kembali ikon buah segar belimbing. Buah belimbing saat ini pamornya anjlok, dan diperkirakan tinggal 20 persen saja pohon belimbing yang masih dipelihara petani dari total jumlahnya pernah mencapai 71.500 pohon.

Sejak 2005, komoditas belimbing ditinggalkan oleh petani. Mereka beramai-ramai beralih ke pohon jambu delima merah, setelah diketahui pohon jambu itu bisa menghasilkan panen minimal 120 kg per tahun untuk satu pohon. “Produksi yang menggiurkan dengan harga jual rata-rata Rp 6.000 per kg,” kata Kepala Seksi Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Demak, Djoko Budhiono, Rabu (9/12) di Demak.

Djoko Budhiono mengatakan, bila belimbing Demak pernah jaya era 1990-an dan sempat menjadi buah kesayangan yang pernah selalu tersaji di Istana Presiden, kini belimbing ditinggalkan petani maka petani. Saat petani beralih ke jambu delima, puluhan ribu pohon belimbing ditebang dan lahannya ditanami pohon jambu.

Untuk itu, pihaknya kini berupaya keras untuk mengembalikan pola budidaya belimbing supaya buah bersegi lima yang warnanya cerah kuning dengan daging empuk dan rasa manis itu tidak punah. Caranya, akan segera dilakukan penyebaran benih pohon belimbing untuk petani di sentra-sentra belimbing yang dulu pernah jaya.

Petani di Demak, Atmin mengaku, dulu pernah memiliki pohon belimbing sampai 25 pohon. Namun kini pohon belimbing sudah ditebang dan diganti pohon jambu. Dengan menanam pohon jambu, pihaknya bisa panen jambu per pohon minimal 70 kg per tahun.

“Kalau harga jual minimal Rp 6.000 per kg saja, pendapatan dari panen jambu itu mencapai Rp 420.000 per pohon. Sekarang saya memiliki 25 pohon jambu dengan usia rata-rata empat tahun dan bisa panen terus selama enam bulan,” kata Atmin.

Iklan

0 Responses to “Selamatkan Belimbing Demak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Statistik Blog

  • 125,679 sejak 14 Februari 2010

Live Info dari Twitter

  • Grebeg Besar Demak merupakan sebuah acara budaya tradisional besar yang menjadi salah satu ciri khas Demak.... fb.me/4pqN16qlT@visit_demak 2 years ago

> Tradisi Buka makam Sunan Kalijaga: Mulai jam 8-12 & 13-17 pada hari tertentu, yaitu Jumat Pon, Jumat Pahing, Jumat Kliwon, Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha.

> Explore Mystery of Demak @ Museum (rvsp: 085727325527)
> once upon a night in demak (jelajah demak) (rvsp: 088802464895)

free D’magz digital magazine

Contact

Advertise

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 13 pengikut lainnya

RSS Indonesia Kreatif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Translasi ke bahasa?